Selasa, 16 September 2008

knowledge management

Manajemen Pengetahuan merupakan konsep baru di dunia bisnis yang berkembang pesat sejak tahun 2000-an karena dinilai memberi sumbangan yang besar bagi tumbuh kembangnya perusahaan. Dikatakan demikian karena pengetahuan dapat menjadi pendorong untuk peningkatan kinerja dan efisiensi proses kerja. Pengetahuan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM dalam berinovasi. Pengetahuan juga dapat mendukung pengambilan keputusan dan membantu mengantisipasi tantangan yang dihadapi perusahaan, baik internal maupun eksternal. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan dan memperbaiki operasional perusahaan dalam mencari keuntungan kompetitif. Sebegitu besarnya peran pengetahuan hingga perlu dikelola (di-manage) agar terus berkembang dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Pengetahuan itu sendiri adalah informasi yang dilengkapi dengan pemahaman yang bersumber dari pengalaman, pelatihan, keahlian/kecakapan dan terapan individu maupun kelompok, yang dapat dijadikan dasar bagi orang lain dalam atau luar perusahaan untuk pengambilan keputusan atau tindakan, dan menjadi inspirasi kelahiran inovasi-inovasi baru.

1 komentar:

MarianaDewi mengatakan...

nice explanation..tp aplikasinya mana nov? ;)